1. Cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup Nusantara untuk kepentigan nasional yang berarti, bahwa setia warga negara dan apaaratur negara harus berpikir, bersikap dan bertindak secara utuh dan menyeluruh untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia, merupakan……. Wawasan Nusantara.
a.
Pengertian d.
Hakikat
b.
Latar belakang e.
Fungsi
c.
Asas
2.
Dalam Wawasan Nusantara
dijelaskan bahwa wilayah Indonesia merupakan satu kesatuan dalam bidang
pertahanan dan keamanan. Hal ini mengandung arti......
a. Ancaman
terhadap sebagian wilayah negara merupakan ancaman terhadap wilayah tersebut
b. Ancaman
terhadap sebagian wilayah negara harus dapat diatasi oleh aparat wilayah
tersebut
c. Ancaman
terhadap sebagian wilayah negara harus dapat diatasi secepatnya oleh pemerintah
pusat
d. Ancaman
terhadap sebagian wilayah negara harus dapat diatasi secepatnya oleh daerahnya
e. Ancaman
terhadap suatu wilayah negara merupakan ancaman terhadap seluruh tanah air
3.
Dalam sebuah paradigma
nasional, UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 berkedudukan sebagai...
a. Landasan idiil d.
Lambang Negara
b. Landasan
konstitusional e. Simbol Negara
c. Ideologi
bangsa
4.
Pernyataan berikut yang
bukan merupakan Tujuan Nasional sebagaimana yang terdapat dalam pembukaan UUD
1945 alinea IV.....
a.
Melindungi segenap
Bangsa Indonesia
b.
Mengayomi seluruh
rakyat Indonesia
c.
Mencerdaskan kehidupan
bangsa
d.
Ikut melaksanakan
ketertiban dunia
e.
Memajukan kesejahteraan
umum
5.
Dalam upaya mengatasi
ancaman di bidang pertahanan dan keamanan Indonesia memiliki sistem ketahanan
nasional yang disebut...
a.
SISKAMPLING d.
SISHANKAMRATA
b.
Sitem persatuan bangsa e.
Sistem keamanan bangsa
c.
Sistem persatuan
nasional
6.
Cinta damai merupakan salah
satu sifat geostrategis, Cintai damai artinya...
a.
Tidak membenarkan adanya adu kekuatan dan adu kekuasaan
b.
Diperhitungkan pihak
lain
c.
Tidak tergantung pihak lain
d.
Bersifat mewujudkan
tujuan nasional
e.
Berubah sesuai situasi
dan kondisi
7.
Istilah yang dipakai
untuk menggambarkan kesatuan wilayah perairan dan gugusan pulau-pulau Indonesia
yang terletak diantara dua benua dan dua samudra disebut...
a.
Negara Kesatuan
Republik Indonesia d. Tanah Air
b.
Nusa Bangsa e.
Nusantara
c.
Ibu Pertiwi
8.
Salah satu bentuk
penerapan Wawasan Nusantara dalam aspek Sosial Budaya di masyarakat adalah……
a.
Peningkatan peran serta
masyarakat dalam kegiatan politik secara konstitusional dan demokrasi
b.
Pembangunan ekonomi
dengan memberdayakan sumber daya manusia dan sumber daya alam Indonesia
c.
Pengakuan, penghormatan
dan pelestarian keberagaman sosial budaya masyarakat Indonesia
d.
Peningkatan partisipasi
semua golongan masyakat dalam pembangunan ekonomi
e.
Peningkatan partisipasi
masyarakat dalam upaya pertahanan keamanan melalui kegiatan bela negara.
9.
Wilayah Indonesia
memiliki letak geografis yang sangat strategis yaitu diantara...
a.
Daratan dan lautan d.
Benua Asia dan Benua Australia
b.
2 benua dan 2 samudera e.
Benua Australia dan Pasifik
c. Benua
asia dan samudera hindia
10.
Pernyataan!
1)
Cinta terhadap tanah
air.
2)
Melakukan aksi
anarkis
3)
Melaksanakan
nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4)
Ikut
dalam kelompok radikalisme
5)
Menerima, mengakui dan
menghormati setiap perbedaan.
Pernyataan di atas yang merupakan peranan siswa
dalam mendukung pelaksanaan wawasan
nusantara ditunjukkan oleh nomer...
a. 1. 2, dan 5 d.
1. 3, dan 5
b. 1, 2, 3, dan 4 e.
1 dan 2
c. 1, 2, 3, 4, dan 5
11.
Setiap gerak
pembangunan di Indonesia harus selalu memperhatikan kepentingan rakyat dan pada
upaya integrasi wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh, merupakan
pengertian dari….
a. Implementasi/pelaksanaan wawasan nusantara
b. Implementasi/pelaksanaan nasional
c. Ketahanan nasional
d. Wawasan nusantara
e. Persatuan wawasan nusantara
12. Pada hakikat konsepsi wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia
adalah......
a. Kesatuan dan keutuhan TNI dan POLRI
sebagai pelindung masyarakat
b. Kesatuan rakyat dan pemerintah dalam
mencapai tujuan bangsa dan negara
c. Kesatuan aspek politik dan sosial
budaya yang mencerminkan keragaman bangsa
d. Keutuhan nusantara yang meliputi
wilayah darat, laut dan udara dalam negara RI
e. Keutuhan nusantara yang menyeluruh
dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional
13. “Kemudian daripada itu untuk
membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa
Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan
umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia
yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,…
Pernyataan
yang menggambarkan tujuan hubungan antar bangsa dalam Wawasan Nusantara adalah….
a.
Mencerdaskan kehidupan bangsa dengan meningkarkan kualitas
Pendidikan nasional
b.
Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah
Indonesia dalam wilayah NKRI
c.
Memajukan kesejahteraan umum, khususnya masyarakat yang
kurang mampu dan masyarakat tradisonal
d.
Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan
kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social
e.
Kemudian
daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara dalam mencapai tujuan
pembangunan
14. Wawasan nusantara berfungsi sebagai
pedoman, motivasi, dorongan dan rambu-rambu dalam rangka menentukan ....
a.
arah dan tujuan negara dalam berhubungan dengan negara lain
b.
kebijakan yang berkaitan dengan bidang politik dan sosial
budaya
c.
kebijakan yang berhubungan dengan penentuan politik luar
negeri
d.
yang berkaitan dengan hubungan anatara pemerintah pusat dan
daerah
e.
segala kebijakan, keputusan, bagi penyelanggaran negara di
pusat dan daerah
15. Pada hakikatnya wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa
Indonesia terhadap diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD NRI
Tahun 1945. Dengan demikian Fungsi wawasan nusantara adalah…
- Mewujudkan
bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD
Negara RI tahun 1945.
- Pedoman
dalam mewujudkan tujuan nasional sebagaimana terdapat dalam pembukaan UUD
Negara RI tahun 1945
- Pedoman
untuk mengadakan hubungan antar bangsa berlandaskan persamaan kedudukan
senagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.
- Mewujudkaan
nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang
lebih mengutamakan kepentingan nasonal daripada kepentingan individu,
kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah
- Pedoman,
motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijakan,
keputusan, tindakan dan perbatan bagi enyelenggara Negara di tingkat pusat
dan daerah bagi seluruh rayat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
16. Perhatikan aspek wawasan nusantara
berikut!
1)
Letak dan bentuk geografis wilayah Indonesia
2)
Keadaan dan kemampuan penduduk bangsa Indonesia
3)
Keadaan dan kekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia
4)
Sistem politik yang sangat menentukan kehidupan politik
negara
5)
Kondisi dinamis dalam kehidupan pertahanan dan keamanan
bangsa Indonesia
6)
Kegiatan pemerintah dalam mengelola produksi dan distribusi
barang dan jasa
Berdasarkan
aspek wawasan nusantara diatas, yang merupakan aspek sosial wawasan nusantara
ditandai oleh nomor ….
a.
(1), (2) dan (3)
b.
(1), (3) dan (5)
c.
(2), (4) dan (6)
d.
(3), (4) dan (5)
e.
(4), (5) dan (6)
17. Peryataan dibawah ini yang bukan
hambatan dalam pemeliharaan persatuan dan kesatuan bangsa dalam Wawasan
Nusantara adalah...
a.
membedakan kepentingan golongan dan pribadi
b.
mengembangkan potensi diri pribadi yang kurang baik
c.
memajukan golongan sendiri untuk berprestasi
d.
sikap fanatisme yang berlebihan
e.
meningkatkan kegiatan kelompok kerja sendiri
18. Cita-cita mempersatukan nusantara
sudah ada sejak zaman Majapahit dengan ikrar yang terkenal dari Patih Gajah
Mada yaitu...
a.
sumpah pemuda
b.
sumpah palapa
c.
bhinneka tunggal ika
d.
mitreka satata
e.
tan hana dharma mangrwa
19.
Berikut yang bukan termasuk keunikan dan heterogen bangsa
Indonesia adalah...
a.
memiliki satu etnik
b.
kaya akan flora dan fauna
c.
Indonesia terletak antara dua benua dan dua samudera
d.
Indoensia bercirikan negara kepulauan
e.
Indonesia terletak pada garis khatulistiwa
20. Sistem pembinaan budi pekerti
masyarakat bangsa merupakan salah satu cerminan dari wawasan nasional, yaitu...
a.
tata negara
b.
tata hukum
c.
tata budaya
d.
tata ekonomi
e.
tata pemeritahan
21. Hak
yang dimiliki oleh setiap umat manusia yang merupakan pemberian Tuhan Yang Maha
Esa, hak tersebut tidak boleh diberikan, dipindah tangaknakan ataupun diambil
oleh orang lain, adalah……. Hak Asasi Manusia.
a.
Asas d.
Pengertian
b.
Hakikat e.
Ciri-ciri
c.
Kedudukan
22. Hak
Asasi Manusia berlaku untuk semua orang tanpa memandang status, suku bangsa,
gender, dan perbedaan lainnya merupakan makna dari karakteristik HAM...
a. Tidak
dapat dibagi d. Tidak dapat dicabut
b. Hakiki e.
Alamiah
c. Universal
23. Menggunakan
hak pilih dalam kegiatan pemilu merupakan pelaksanaan
dari…
a.
Hak asasi sosial budaya d.
Hak asasi politik
b.
Hak asasi ekonomi e.
Hak asasi hukum
c.
Hak asasi peradilan
24. Setiap
pengendara memiliki hak sama untuk menggunakan jalan raya. Meskipun demikian ,
dalam kondisi tertentu pengendara harus mendahulukan pengguna jalan lain yang
memiliki kondisi darurat seperti ambulan, ataupun mobil pemadam kebakaran. Kondisi
ini menunjukkan bahwa Hak asasi yang dimiliki seseorang....
a.
Dapat dipenuhi secara
mutlak
b.
Dilaksanakan dengan
tanggung jawab
c.
Berbatasan dengan hak
asasi orang lain
d.
Pemberian pemerintah
sebagai wakil rakyat
e.
Diikuti menjalankan
kewajiban asasi
25. Hak
Asasi Manusia adalah hak dasar yang dimiliki manusia yang diperoleh secara ...
a.
Dengan perjuangan
yang gigih d.
Sebagai pemberian pemerintah
b.
Sebagai pemberian
negara e.
Kodrat
c.
Berasal dari agama
yang diyakini
26. Berikut
ini yang termasuk perilaku dalam upaya penegakan HAM di lingkungan sekolah
yaitu...
a.
Menghardik pengemis
b.
Tidak menghormati teman
dan guru
c.
Tidak memaksakan
kehendak kepada sesama teman dan guru
d.
Tidak mentaati
peraturan sekolah
e.
Melakukan tawuran antar
pelajar
27. 1.
Hakiki
2.
Kodrat Manusia
3.
Universal
4.
Pemberian Tuhan
5.
Tidak dapat dicabut dan dibagi
Pernyataan
di atas yang merupakan Karakteristik
Hak Asasi Manusia ditunjukkan oleh nomor…..
a. 1
dan 2 d.
1, 3, dan 5
b. 1
dan 3 e.
2 dan 4
c. 2 dan 5
28. Pelanggaran
HAM yang tindakannya dinilai berbahaya dan mengancam nyawa seseorang yang
dilakukan baik individu maupun kelompok merupakan sifat pelanggaran HAM...
a.
Berat d.
Kejahatan Genosida
b.
Sedang e.
Kejahatan Kemanusiaan
c. Ringan
29. Lembaga-lembaga
dibawah ini yang bukan merupakan
lembaga penegak Hak Asasi Manusia di Indonesia adalah.....
a.
Pengadilan HAM
b.
Komisi Nasional Hak
Asasi Manusia
c.
Komisi Perlindungan
Anak Indoesia
d.
Jaminan Sosial Tenaga
Kerja
e.
Komisi Nasional
Anti Kekerasan terhadap Anak
30. Contoh
hak asasi ekonomi yang tepat dibawah ini….
a.
Hak untuk memperoleh
kehidupan yang layak.
b.
Hak diangkat dalam
jabatan pemerintahan.
c.
Hak untuk tidak dipaksa
dan disiksa.
d.
Hak menolak digeledah
tanpa adanya surat penggeledahan.
e.
Hak memperoleh jaminan
sosial.
31. Dibawah
ini merupakan pengertian dari hak asasi sosial dan budaya adalah….
a.
Hak untuk mendapatkan
perlakuan tata caraperadilan maupun perlindungan.
b. Hak yang menyangkut dalam suatu lingkungan
masyarakat.
c.
Hak untuk memiliki
sesuatu.
d.
Hak untuk ikut serta
dalam pemerintahan.
e.
Hak yang meliputi
kebebasan dalam menyatakan pendapat.
32. Berikut
ini merupakan kasus-kasus pelanggaran
HAM yang pernah terjadi di Indonesia adalah...
a.
Peristiwa G30S/PKI
yang merupakan pembantaian banyak orang
b.
Bentrokan di Masjid
Al-Aqsa, dimana tentara Israel menembaki warga Palestina saat Idul Adha
c.
Serangan teror di
dua masjid di Christhruch, Selandia baru dengan jumlah korban kurang lebih 50
orang tewas
d.
Aksi pengeboman di
gedung WTC (World Trade Center )
Amerika Serikat yang menewaskan 2996 orang
e.
Konflik Rohingya di
Myanmar yang mengakibatkan hampir 700.000 orang Rohingya melarikan diri
33. Mendapat
perlakuan, dan tata cara peradilan dan perlindungan dalam hal penangkapan,
penahanan, penyitaan, penggeledahan, atau peradilan merupakan jenis HAM...
a. Hak
Asasi Pribadi d.
Hak Asasi Politik
b. Hak
Asasi Hukum e.
Hak Asasi Sosial Budaya
c. Hak
Asasi dalam tata cara peradilan
dan
perlindungan
34.
Perbuatan yang
dilakukan dengan maksud menghancurkan atau menghancurkan semua atau sebagian
bangsa, ras, suku, kelompok agama adalah kejahatan….
a.
kemanusiaan
b.
genosida
c.
umum
d.
pidana
e.
sipil
35. Berikut ini merupakan bentuk pelanggaran terhadap hak asasi
manusia adalah...
a.
tidak
mengenakan seragam ketika berangkat ke sekolah
b.
tidak
mau mengerjakan tugas dari sekolah
c.
memaksakan
suatu pendapat dalam musyawarah pada teman sekelas
d.
memberikan
kebebasan pada teman yang sedang beribadah
e.
tolong
menolong terhadap sesama
36. Hak asasi manusia berlaku untuk semua orang tanpa memandang
status sosial, suku, dan agama. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa hak asasi
manusia bersifat...
a.
hakiki
b.
tidak
dapat dibagi
c.
tidak
dapat dicabut
d.
dapat
diwariskan
e.
universal
37. Kewajiban menghargai keberagaman yang ada di Indonesia
merupakan salah satu substansi kewajiban asasi dalam sila Pancasila...
a.
Kedua
b.
Keempat
c.
Kelima
d.
Ketiga
e.
Pertama
38. Berikut ini bukan merupakan tindakan pencegahan yang dapat
dilakukan untuk
pengatasi berbagai kasus
pelanggaran HAM, yaitu ….
a.
menjatuhkan hukuman
bagi orang yang melakukan pelanggaran terhadap HAM
b.
penyebarluasan
prinsip-prinsip HAM kepada masyarakat
c.
peningkatan
pengawasan dari masyarakat dan lembaga-lembaga politik
terhadap setiap upaya
penegakan HAM yang dilakukan oleh pemerintah
d. peningkatan kualitas pelayanan publik untuk mencegah
terjadinya berbagai
bentuk pelanggaran HAM
oleh pemerintahan
e. penegakan supremasi hukum dan demokrasi
39.
Pada
dasarnya, hak asasi manusia harus ….
a.
Dilalaikan
b.
Dilupakan
c.
Dihindari
d.
Dihormati
e.
Diabaikan
40.
Dalam
kasus Tanjung Priok terjadi pelanggaran ham berat berupa …
a.
pengiriman
tenaga kerja wanita secara paksa
b.
perbudakan
ke negeri asing
c.
penangkapan
dan penahanan sewenang-wenang
d.
kelalaian
pemberian layanan Kesehatan
e.
pencemaran
tanah dan udara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar