LEMBAR SOAL ULANGAN
Kerjakan soal uraian berikut ini
dengan benar!
1. |
Apa
sajakah lembaga tinggi negara yang masuk dalam lembaga Legislatif? A. MA dan MK B. MA, MK dan KY C. MPR, DPR dan DPD D. DPR dan DPD E. Presiden |
2. |
DPR dan
DPD merupakan lembaga negara legislatif yang berhak mengajukan, menyusun dan
mengesahkan undang-undang selain Presiden sebagai lembaga eksekutif. Apa yang
membedakan wewenang DPR dengan DPD? A. DPD berhak ikut mengajukan, menyusun dan mengesahkan
UU B. DPD hanya berhak ikut mengajukan, menyusun dan
mengesahkan UU berkaitan dengan APBN C. DPD hanya berhak ikut mengajukan, menyusun dan
mengesahkan UU berkaitan dengan kepentingan nasional D. DPD hanya berhak ikut mengajukan, menyusun dan
mengesahkan UU berkaitan dengan otonomi daerah dan keuangan daerah E. DPD hanya berhak ikut mengajukan, menyusun dan
mengesahkan UU berkaitan dengan hubungan internasional dan politik luar
negeri |
3. |
Apabila
Presiden mangkat/meninggal dan/atau mundur pada masa jabatanya, kedudukan
jabatan Presiden akan digantikan oleh? A. Wakil Presiden B. Ketua MPR C. Ketua DPR D. Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri dan
Menteri Pertahanan E. Untuk sementara kosong hingga ada pemilihan kembali |
4. |
Kekuasaan
kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan
guna menegakkan hukum dan keadilan. Yang dimaksud kekuasaan kehakiman
merupakan kekuasaan yang merdeka adalah? A. Kekuasaan kehakiman harus bersinergi/kerjasama
dengan lembaga negara yang lain B. Kekuasaan kehakiman hanya tunduk dengan perintah
Presiden sebagai kepala negara C. Kekuasaan kehakiman dilaksankan oleh Mahkamah Agung
dan tidak ada lembaga peradilan tertinggi yang lain D. Kekuasaan kehakiman dijalankan menurut UUD 1945 E. Kekuasaan kehakiman tidak boleh dipengaruhi/diatur
oleh lembaga tinggi negara maupun lembaga negara dalam menjalankan tugasnya |
5. |
Siapakah
yang boleh dipilih menjadi Ketua MA serta siapakah yang berhak memilih Ketua
MA? A. Ketua MA berasal dari hakim agung dan dipilih oleh
Presiden B. Ketua MA berasal dari hakim agung dan dipilih oleh
anggota DPR C. Ketua MA berasal dari hakim agung dan dipilih oleh
hakim agung D. Ketua MA berasal dari seorang ahli hukum dan dipilih
oleh Presiden E. Ketua MA berasal dari seorang ahli hukum dan dipilih
oleh hakim agung |
6. |
Hakim
Mahkamah Konstitusi berjumlah 9 orang. Ke-9 orang hakim konstitusi tersebut
dalam pemilihannya diajukan oleh? A. 3 orang MA, 3 orang MK, 3 orang Presiden B. 3 orang MA, 3 orang DPR, 3 orang Presiden C. 3 orang MA, 3 orang MK, 3 orang DPR D. 3 orang MA, 3 orang KY, 3 orang Presiden E. 3 orang MA, 3 orang KY, 3 orang DPR |
7. |
Dalam
kedudukan tatanan peradilan umum, Mahkamah Agung merupakan lembaga peradilan
yang memiliki kedudukan tertinggi, karena itulah Mahkamah Agung memiliki
kewenangan mengadili dan memutus pada tingkat? A. Banding B. Kasasi C. Pertama D. Umum E. Lanjut |
8. |
Kewengan
mengadil pengujian undang-undang terhadap undang-undang dasar merupakan
tugas/wewenang dari? A. Mahkamah Agung B. Pengadilan Negeri C. Pengadilan Tinggi D. Pengadilan Tata Usaha Negara E. Mahkamah Konstitusi |
9. |
BPK dalam
pemerintahan di Indonesia memiliki wewenang untuk memeriksa pengelolaan dan
tanggung jawab keuangan negara. Apasajakah lembaga negara yang boleh
diperiksa BPK? A. Presiden beserta jajaranya B. Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif C. Semua lembaga negara yang dibiayai keuangan negara
di tingkat pusat D. Semua lembaga negara yang dibiayai keuangan negara
di tingkat pusat dan daerah E. Lembaga negara yang mengatur dan mengontrol keuangan
negara |
10. |
Faktor-faktor
di masyarakat, Tingkat pendidikan masyarakat Tingkat kemajuan/perkembangan
pemerintahan Tingkat ekonomi masyarakat Reformasi/pembaharuan politik Pemerintahan yang transparan/terbuka Faktor-faktor apa saja yang mampu
mempengaruhi perkembangan budaya politik di masyarakat? A. 1, 2, 3 B. 1, 3, 4 C. 1, 2, 5 D. 2, 4, 5 E. 2, 3, 5 |
11. |
Yang
dimasud dengan budaya politik Partisipan adalah? A. Seseorang yang tidak mau tau sama sekali mengenai
politik/pemerintahan B. Seseorang yang mengerti dan mencari tau tentang
politik/pemerintahan, tetapi masih pasif C. Seseorang yang mengerti dan paham politik/pemerintahan,
tetapi tidak mau tau masalah perkembangannya D. Seseorang yang mengerti dan mencari tau tetang
politik/pemerintahan, berani memberikan kritik kepada pemerintaha E. Seseorang yang mergerti dan mencari tau tentang
politik/pemerintahan, berani memberikan kritik serta gagasan kepada
pemerintah |
12. |
Indonesia
memiliki kehidupan masyarakat yang sangat beragam, sehinga menjadikan model
perkembangan budaya politik yang berbeda-beda. Menurut Clifford Geertz
setidaknya ada tiga macam budaya politik yang berkembang di masyarakat
Indonesia, yaitu? A. Parokial, Kawula, Partisipan B. Parokial, Kawula, Priayi C. Parokial, Santri, Partisipan D. Abangan, Santri, Priayi E. Abangan, Kawula, Santri |
13. |
Apa fungsi
dari sosialisasi politik yang dilakukan kepada masyarakat? A. Memberikan pendidikan moral dan politik kepada
masyarakat B. Mengenalkan program-program pemerintah yang berhasil C. Meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai
kepemerintahan D. Sebagai wahana sosialisasi dan kampanye PEMILU E. Meningkatka perkembangan masyarakat dalam kehidupan |
14. |
Dimanakah
tempat sosialisasi politik banyak berkembang mempengaruhi setiap individu
dalam kehidupan sehari-hari? A. Lingkungan masyarakat B. Lingkungan sekolah C. Lingkungan pemerintahan D. Lingkungan partai politik E. Lingkungan keluarga |
15. |
Kehidupan
politik masyarakat dan pemerintah dapat dikatakan berjalan baik dan seimbang
apabila? A. Masyarakat ikut berperan dalam pemerintahan sehingga
menghasilkan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat B. Masyarakat berperan dalam pemerintahan, pemerintah
tidak terlalu terbuka, tetapi tetap menghasilkan kebijakan yang bermanfaat C. Masyarakat mampu dan berani memberikan usul kepada
pemerintah sehingga menghasilan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat D. Masyarakat mampu dan berani memeberikan usul serta
mengawasi pemerintahan, pemerintah melakukan transparansi, sehingga
menghasilkan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat E. Masyarakat mampu dan berani memeberikan usul kepada
pemerintah, pemerintah melakukan transparansi, sehingga menghasilkan
kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat |
16. |
Salah satu
wujud partisipasi masyarakat dalam membudayakan budaya politik partisipan di
lingkungan masyarakat adalah? A. Gotong royong dalam membangun fasilitas umum B. Menjadi panitia perlombaan 17 Agustus di lingkungan C. Mengikuti dan berperan dalam musyawarah RT/RW untuk
kepentingan bersama D. Menengahi tetangga yang sedang berselisih karena
masalah E. Memberikan usul kepada pemerintah melalu demonstrasi
yang anarkis |
17. |
Keleluasaan
dalam bentuk hak dan wewenang serta kewajiban dan tanggung jawab badan
pemerintah daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tanggnya sesuai keadaan
dan kemampuan daerah merupakan pengertian dari? A. Dekonsentrasi B. Desentralisasi C. Sentralisasi D. Tugas Pembantuan E. Otonomi Daerah |
18. |
Fungsi
pemerintah daerah dalam sistem pemerintahan di Indonesia adalah sebagai? A. Pembantu pemerintah pusat dalam menjalankan dan
pengelolaan pemerintahan di daerah B. Pembantu pemerintah pusat dalam menjalankan dan
pengelolaan sumber daya alam di daerah C. Pembantu pemerintah pusat dalam menjalankan dan pengelolaan
pengaturan masyarakat di daerah D. Pembantu pemerintah pusat dalam menjalankan dan
pengawasan hukum di daerah E. Pembantu pemerintah pusat dalam menjalankan dan
pengelolaan kegiatan usaha milik pemerintah di daerah |
19. |
Dalam
sistem otonomi daerah yang saat ini dijalankan hampir diseluruh wilayah
Indonesia, pemerintah pusat memberikan sebagian wewenang kepada pemerintah
daerah untuk melakukan? A. Mengelola pemerintahan sebagai wujud fasilitasi
pelayanan kepada masyarakat B. Mengelola pemerintahan guna mewujudkan masyarakat
yang sejahtera dan berkecukupan C. Mengelola stabilitas daerah guna mewujudkan
ketertiban dan keamanan D. Mengelola potensi daerah guna meningkatkan
kesejahteraan dan kemajuan masyarakat E. Mengelola sumber daya alam guna meningkatkan
pendapat pemerintah pusat dan daerah |
20. |
Tujuan
dilaksanakan sistem otonomi daerah dalam pemerintahan di Indonesia adalah? A. Meningkatkan daya guna daerah dalam mendekatkan
pelayanan publik kepada masyarakat B. Meningkatkan daya guna daerah melalui pemanfaatan
potensi daerah guna peningkatan kesejahteraan masyarakat C. Meningkatkan daya guna daerah dalam memberikan
pelayanan kebutuhan primer kepada masyarakat D. Meningkatkan daya guna daerah melalui inofasi guna meningkatkan
kompetisi kemajuan ekonomi antar daerah E. Meningkatkan daya guna daerah untuk kemajuan
pembangunan fasilitas umum |
21. |
Mengapa
dalam sistem otonomi daerah potensi sumber daya alam daerah merupakan salah
satu hal yang menjadi pendukung kerberhasilan kemajuan otonomi di suatu
daerah? A. Potensi daerah sebagai pendapatan guna meningkatkan
pembangunan B. Potensi daerah sebagai pendapatan guna meningkatkan
kemakmuran rakyat C. Potensi daerah sebagai pendapatan guna meningkatkan
pendapatan asli daerah D. Potensi daerah sebagai gambaran kekayaan suatu
daerah E. Potensi daerah sebagai gambaran kesejahteraan suatu
daerah |
22. |
Pemerintah
Indonesia memberikan hak otonomi khusus kepada 4 daerah. Daerah tersebut
adalah? A. Jakarta, Yogyakarta, Aceh dan Bali B. Jakarta, Yogyakarta, Sumatra Barat dan Bali C. Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur D. Jakarta, Yogyakarta, Maluku dan Papua E. Jakarta, Yogyakarta, Aceh dan Papua |
23. |
Yogyakarta
merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki keistimewaan dalam
bentuknya sebagai daerah pelaksana otonomi. Keistimewaan Yogyakarta tersebut
berbentuk? A. Mempertahankan tradisi sistem pemerintahan
Kesultanan B. Mempertahankan tradisi sistem hukum dan kebiasaan
Islam C. Keistimewaan sebagai daerah yang pernah menjadi Ibu
Kota Negara D. Budaya Jawa yang dominan dalam aspek kehidupan E. Menempatkan hasil wisata sebagai pendapatan utama |
24. |
Hubungan
antara Kepala Daerah dan DPRD dalam menjalankan otonomi daerah adalah
bersifat? A. Saling mengawasi dan mengkontrol guna terwujudnya
transparansi B. Keseimbangan dalam pemerintahan guna terwujudnya
pemerintahan yang stabil C. Kemitraan yang memiliki kedudukan setara guna
mewujudkan pemerintahan yang baik D. Pengawasan dengan kedudukan antar lembaga yang
setara guna mewujudkan pemerintahan yang transparan E. Setara dalam pemerintahan di daerah guna mewujudkan
otonomi yang berkelanjutan |
25. |
Dalam
menjalankan pemerintahan di daerah, Kepala Daerah atas persetujuan DPRD dapat
mengajukan, menyusun dan mengesahkan PERDA. PERDA merupakan wujud dari? A. Pemberian wewenang dari pemerintah pusat B. Pembagian kekuasaan dalam sistem negara kesatuan C. Kebijakan dalam pelaksanaan otonomi daerah D. Pengaturan kehidupan masyarakat E. Pelayanan pemerintahan kepada masyarakat |
26. |
Dana
Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus merupakan salah satu sumber pendanaan
keuangan daerah yang digunakan untuk pembiayaan otonomi daerah. Dana alokasi
tersebut merupakan salah satu pendanaan yang berasal dari? A. Pendapatan Asli Daerah B. Dana Perimbangan dari pemerintah pusat C. Pajak Daerah D. Pendapatan daerah lain yang sah E. Bantuan Sosial Perusahaan/Perseroaan |
27. |
Kebhinnekaan
merupakan suatu keadaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan tidak mungkin
untuk dirubah atau ditiadakan. Untuk itulah kebhinnekaan harus dimaknai oleh
masyarakat sebagai pemahaman? A. Perbedaan dengan tetap menjunjung kepentiangan
perseorangan B. Perbedaan dengan mengutamakan kepentingan
bersama/umum C. Perbedaan dengan mengutamakan sebagian kelompok
masyarakat D. Perbedaan dengan mengutamakan golongan
suku/agama/ras mayoritas E. Perbedaan dengan mengutamakan toleransi antar
suku/agama/ras dan antar golongan |
28. |
Dalam
konteks negara kesatuan di Indonesia, integrasi nasional memiliki makna? A. Kesadaran untuk bersatu menjadi satu kesatuan bangsa
yang telah disepakati bersama B. Kesadaran untuk bersatu karena adanya beberapa
persamaan dalam kehidupan C. Kesadaran untuk bersatu sebagai bagian suatu bangsa
yang merdeka dan berdaulat D. Kesadaran untuk bersatu dan bertempat tinggal dalam
satu wilayah negara E. Kesadaran untuk bersatu dan berlindung dalam suatu
organisasi negara yang berdaulat |
29. |
Dibawah
ini merupakan salah satu faktor pembentuk integrasi nasional adalah? A. Agama Islam sebagai agama mayoritas yang dipeluk
masyarakat B. Suku Jawa sebagai suku mayoritas yang ada di
Indonesia C. Pemerataan pembangunan diseluruh wilayah Indonesia D. Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional E. Penggunaan Bahasa Daerah sebagai wujud identitas
budaya |
30. |
Tantangan-tantangan: Hubungan bilateral/multilateral Kerusakan lingkungan hidup Terorisme Perdagangan dan pasar bebas Konflik SARA Tantagan-tantangan diatas yang
merupakan tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI ditunjukkan oleh nomor? A. 1, 2, 5 B. 1, 3, 5 C. 2, 3, 4 D. 2, 3, 5 E. 2, 4, 5 |
31. |
Mengapa
dalam mewujudkan integrasi nasional memerlukan kesadaran dan peran serta
warga negara untuk mencintai bangsa dan bela negara? A. Integrasi nasional dapat terwujud apabila warga
negara mendukungnya B. Integrasi nasional dapat terwujud apabila warga
negara sadar dan mengerti C. Integrasi nasional dapat terwujud apabila warga
negara mengakuinya D. Integrasi nasional dapat terwujud apabila warga
negara menyepakatinya E. Integrasi nasional dapat terwujud apabila warga
negara tunduk kepada pemerintah |
32. |
Hak dan
kewajiban membela serta mempertahnkan kemerdekaan dan kedaulatan negara,
keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman merupakan
pengertian dari? A. Bela Negara B. Pertahanan Negara C. Pertahanan Nasional D. Patriotisme E. Cinta Tanah Air |
33. |
Usaha
pembelaan negara bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan sesuai kemampuan
individu. Dibawah ini salah satu wujud bentuk usaha pembelaan negara yang
dapat dilakukan siswa di sekolah adalah? A. Bercita-cita menjadi TNI/POLRI B. Konsisten mendukung salah satu pasangan calon ketua
OSIS C. Menyimpan Bendera Merah Putih, Teks Pancasila dan
UUD 1945 D. Menjaga keindahan dan kebersihan sekolah E. Belajar dan memahami
materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
34. |
Indonesia
pernah mengalami Agresi Militer Belanda sebanyak dua kali dan beberapa kali
pelanggaran batas wilayah yang dilakukan oleh negara-negara tetangga, utamnya
Malaysia. Mengapa agresi iliter dan pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh
negara lain merupakan salah satu ancaman negara? A. Mampu membuat perekonomian melemah sehingga
berdampak pada industri B. Mengakibatkan kelaparan, wabah penyakit hingga
kematian C. Mengancam kedaulatan dan kehormatan suatu negara
berdaulat D. Memperburuk stabilita keamanan nasional maupun
regional E. Tidak berperi kemanusia dan berkeadilan dalam
kehidupan internasional |
35. |
Globalisasi
yang saat ini sedang berkembang diseluruh dunia membawa dampak positif dan
negatife dalam perkembangan suatu negara. Dampak negatife globalisasi yang
menjadi ancaman utama bagi kebhinnekaan Indonesia adalah? A. Paham kebarat-baratan yang melunturkan
kebiasaan/kebudayaan Indonesia B. Pasar bebas yang mejadikan keterbukaan ekonomi C. Teknologi informasi yang bisa dinikmati kapan saja D. Dunia musik dan mode yang berkembang E. Kemudahan akses untuk berkunjung ke luar negeri |
36. |
Dibawah
merupakan contoh peran serta masyarakat dalam kehidupan seharai-hari guna
mengatasi ancaman dalam membangun integarasi nasional adalah ditunjukkan
dengan? A. Menengahi permasalahan antara satu tetangga dengan
tetangga yang lain B. Gotong royong dan mengikuti Siskampling di
lingkungan C. Melayat tetangga yang meninggal setelah pekerjaan selesai D. Membantu orang-orang/tetangga yang dihormati/disukai E. Menghakimi/mengeroyok pencuri yang tertangkap warga |
37. |
Ancaman
berupa isu-isu kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, dan ketidakadilan yang
menjadi dasar timbulnya konflik vertical antara pemerintah pusat dan daerah,
dan konflik horizontal yaitu suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA)
merupakan ancaman berdimensi… A. ideologi B. politik C. ekonomi D. sosial budaya E. teknologi |
38. |
Spoinase
merupakan kegiatan dari intelejen yang dilakukan untuk… A. Mendapatkan informasi atau rahasia militer atau
negara B. Pengiriman kelompok bersenjata C. Memasuki wilayah tanpa izin D. Merusak instansi penting militer E. Memperlakukan pemberontakan sebagai seni |
39. |
Ancaman
militer yang dilakukan untuk merusak instansi penting militer atau objek
vital nasional dan dapat membahayakan keselamatan bangsa disebut… A. spionase B. sabotase C. blokade D. agresi E. invasi |
40. |
Ancaman
yang berdimensi sosial budaya dapat dicontohkan dengan bentuk… A. Munculnya sifat kegotongroyongan B. Peduli bangsa dan negara C. Adanya sikap toleransi terhadap umat beragama D. Sikap mencintai produk dalam negeri E. Munculnya sikap hedonisme |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar