SUGESTI

Drs. RANU WIDODO : "BERBAGI ITU INDAH,DI SINI BISA ANDA TEMUKAN MATERI PKn KLAS X, XI dan XII, DOWLOAD MIDI UNTUK KARAOKE DAN SEBAGAINYA. SELAMAT BERGABUNG DENGAN KAMI. BERBAGI ITU INDAH"

Soal kelas X Semester 2

 

LEMBAR SOAL ULANGAN

 

 

Kerjakan soal uraian berikut ini dengan benar!

1.

Apa sajakah lembaga tinggi negara yang masuk dalam lembaga Legislatif?

A. MA dan MK

B. MA, MK dan KY

C. MPR, DPR dan DPD

D. DPR dan DPD

E. Presiden

 

2.

DPR dan DPD merupakan lembaga negara legislatif yang berhak mengajukan, menyusun dan mengesahkan undang-undang selain Presiden sebagai lembaga eksekutif. Apa yang membedakan wewenang DPR dengan DPD?

A. DPD berhak ikut mengajukan, menyusun dan mengesahkan UU

B. DPD hanya berhak ikut mengajukan, menyusun dan mengesahkan UU berkaitan dengan APBN

C. DPD hanya berhak ikut mengajukan, menyusun dan mengesahkan UU berkaitan dengan kepentingan nasional

D. DPD hanya berhak ikut mengajukan, menyusun dan mengesahkan UU berkaitan dengan otonomi daerah dan keuangan daerah

E. DPD hanya berhak ikut mengajukan, menyusun dan mengesahkan UU berkaitan dengan hubungan internasional dan politik luar negeri

 

3.

Apabila Presiden mangkat/meninggal dan/atau mundur pada masa jabatanya, kedudukan jabatan Presiden akan digantikan oleh?

A. Wakil Presiden

B. Ketua MPR

C. Ketua DPR

D. Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan

E. Untuk sementara kosong hingga ada pemilihan kembali

 

4.

Kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan. Yang dimaksud kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka adalah?

A. Kekuasaan kehakiman harus bersinergi/kerjasama dengan lembaga negara yang lain

B. Kekuasaan kehakiman hanya tunduk dengan perintah Presiden sebagai kepala negara

C. Kekuasaan kehakiman dilaksankan oleh Mahkamah Agung dan tidak ada lembaga peradilan tertinggi yang lain

D. Kekuasaan kehakiman dijalankan menurut UUD 1945

E. Kekuasaan kehakiman tidak boleh dipengaruhi/diatur oleh lembaga tinggi negara maupun lembaga negara dalam menjalankan tugasnya

 

5.

Siapakah yang boleh dipilih menjadi Ketua MA serta siapakah yang berhak memilih Ketua MA?

A. Ketua MA berasal dari hakim agung dan dipilih oleh Presiden

B. Ketua MA berasal dari hakim agung dan dipilih oleh anggota DPR

C. Ketua MA berasal dari hakim agung dan dipilih oleh hakim agung

D. Ketua MA berasal dari seorang ahli hukum dan dipilih oleh Presiden

E. Ketua MA berasal dari seorang ahli hukum dan dipilih oleh hakim agung

 

6.

Hakim Mahkamah Konstitusi berjumlah 9 orang. Ke-9 orang hakim konstitusi tersebut dalam pemilihannya diajukan oleh?

A. 3 orang MA, 3 orang MK, 3 orang Presiden

B. 3 orang MA, 3 orang DPR, 3 orang Presiden

C. 3 orang MA, 3 orang MK, 3 orang DPR

D. 3 orang MA, 3 orang KY, 3 orang Presiden

E. 3 orang MA, 3 orang KY, 3 orang DPR

 

7.

Dalam kedudukan tatanan peradilan umum, Mahkamah Agung merupakan lembaga peradilan yang memiliki kedudukan tertinggi, karena itulah Mahkamah Agung memiliki kewenangan mengadili dan memutus pada tingkat?

A. Banding

B. Kasasi

C. Pertama

D. Umum

E. Lanjut

 

8.

Kewengan mengadil pengujian undang-undang terhadap undang-undang dasar merupakan tugas/wewenang dari?

A. Mahkamah Agung

B. Pengadilan Negeri

C. Pengadilan Tinggi

D. Pengadilan Tata Usaha Negara

E. Mahkamah Konstitusi

 

9.

BPK dalam pemerintahan di Indonesia memiliki wewenang untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Apasajakah lembaga negara yang boleh diperiksa BPK?

A. Presiden beserta jajaranya

B. Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif

C. Semua lembaga negara yang dibiayai keuangan negara di tingkat pusat

D. Semua lembaga negara yang dibiayai keuangan negara di tingkat pusat dan daerah

E. Lembaga negara yang mengatur dan mengontrol keuangan negara

 

10.

Faktor-faktor di masyarakat,

Tingkat pendidikan masyarakat

Tingkat kemajuan/perkembangan pemerintahan

Tingkat ekonomi masyarakat

Reformasi/pembaharuan politik

Pemerintahan yang transparan/terbuka

Faktor-faktor apa saja yang mampu mempengaruhi perkembangan budaya politik di masyarakat?

A. 1, 2, 3

B. 1, 3, 4

C. 1, 2, 5

D. 2, 4, 5

E. 2, 3, 5

 

11.

Yang dimasud dengan budaya politik Partisipan adalah?

A. Seseorang yang tidak mau tau sama sekali mengenai politik/pemerintahan

B. Seseorang yang mengerti dan mencari tau tentang politik/pemerintahan, tetapi masih pasif

C. Seseorang yang mengerti dan paham politik/pemerintahan, tetapi tidak mau tau masalah perkembangannya

D. Seseorang yang mengerti dan mencari tau tetang politik/pemerintahan, berani memberikan kritik kepada pemerintaha

E. Seseorang yang mergerti dan mencari tau tentang politik/pemerintahan, berani memberikan kritik serta gagasan kepada pemerintah

 

12.

Indonesia memiliki kehidupan masyarakat yang sangat beragam, sehinga menjadikan model perkembangan budaya politik yang berbeda-beda. Menurut Clifford Geertz setidaknya ada tiga macam budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia, yaitu?

A. Parokial, Kawula, Partisipan

B. Parokial, Kawula, Priayi

C. Parokial, Santri, Partisipan

D. Abangan, Santri, Priayi

E. Abangan, Kawula, Santri

 

13.

Apa fungsi dari sosialisasi politik yang dilakukan kepada masyarakat?

A. Memberikan pendidikan moral dan politik kepada masyarakat

B. Mengenalkan program-program pemerintah yang berhasil

C. Meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai kepemerintahan

D. Sebagai wahana sosialisasi dan kampanye PEMILU

E. Meningkatka perkembangan masyarakat dalam kehidupan

 

14.

Dimanakah tempat sosialisasi politik banyak berkembang mempengaruhi setiap individu dalam kehidupan sehari-hari?

A. Lingkungan masyarakat

B. Lingkungan sekolah

C. Lingkungan pemerintahan

D. Lingkungan partai politik

E. Lingkungan keluarga

 

15.

Kehidupan politik masyarakat dan pemerintah dapat dikatakan berjalan baik dan seimbang apabila?

A. Masyarakat ikut berperan dalam pemerintahan sehingga menghasilkan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat

B. Masyarakat berperan dalam pemerintahan, pemerintah tidak terlalu terbuka, tetapi tetap menghasilkan kebijakan yang bermanfaat

C. Masyarakat mampu dan berani memberikan usul kepada pemerintah sehingga menghasilan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat

D. Masyarakat mampu dan berani memeberikan usul serta mengawasi pemerintahan, pemerintah melakukan transparansi, sehingga menghasilkan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat

E. Masyarakat mampu dan berani memeberikan usul kepada pemerintah, pemerintah melakukan transparansi, sehingga menghasilkan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat

 

16.

Salah satu wujud partisipasi masyarakat dalam membudayakan budaya politik partisipan di lingkungan masyarakat adalah?

A. Gotong royong dalam membangun fasilitas umum

B. Menjadi panitia perlombaan 17 Agustus di lingkungan

C. Mengikuti dan berperan dalam musyawarah RT/RW untuk kepentingan bersama

D. Menengahi tetangga yang sedang berselisih karena masalah

E. Memberikan usul kepada pemerintah melalu demonstrasi yang anarkis

 

17.

Keleluasaan dalam bentuk hak dan wewenang serta kewajiban dan tanggung jawab badan pemerintah daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tanggnya sesuai keadaan dan kemampuan daerah merupakan pengertian dari?

A. Dekonsentrasi

B. Desentralisasi

C. Sentralisasi

D. Tugas Pembantuan

E. Otonomi Daerah

 

18.

Fungsi pemerintah daerah dalam sistem pemerintahan di Indonesia adalah sebagai?

A. Pembantu pemerintah pusat dalam menjalankan dan pengelolaan pemerintahan di daerah

B. Pembantu pemerintah pusat dalam menjalankan dan pengelolaan sumber daya alam di daerah

C. Pembantu pemerintah pusat dalam menjalankan dan pengelolaan pengaturan masyarakat di daerah

D. Pembantu pemerintah pusat dalam menjalankan dan pengawasan hukum di daerah

E. Pembantu pemerintah pusat dalam menjalankan dan pengelolaan kegiatan usaha milik pemerintah di daerah

 

19.

Dalam sistem otonomi daerah yang saat ini dijalankan hampir diseluruh wilayah Indonesia, pemerintah pusat memberikan sebagian wewenang kepada pemerintah daerah untuk melakukan?

A. Mengelola pemerintahan sebagai wujud fasilitasi pelayanan kepada masyarakat

B. Mengelola pemerintahan guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berkecukupan

C. Mengelola stabilitas daerah guna mewujudkan ketertiban dan keamanan

D. Mengelola potensi daerah guna meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat

E. Mengelola sumber daya alam guna meningkatkan pendapat pemerintah pusat dan daerah

 

20.

Tujuan dilaksanakan sistem otonomi daerah dalam pemerintahan di Indonesia adalah?

A. Meningkatkan daya guna daerah dalam mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat

B. Meningkatkan daya guna daerah melalui pemanfaatan potensi daerah guna peningkatan kesejahteraan masyarakat

C. Meningkatkan daya guna daerah dalam memberikan pelayanan kebutuhan primer kepada masyarakat

D. Meningkatkan daya guna daerah melalui inofasi guna meningkatkan kompetisi kemajuan ekonomi antar daerah

E. Meningkatkan daya guna daerah untuk kemajuan pembangunan fasilitas umum

 

21.

Mengapa dalam sistem otonomi daerah potensi sumber daya alam daerah merupakan salah satu hal yang menjadi pendukung kerberhasilan kemajuan otonomi di suatu daerah?

A. Potensi daerah sebagai pendapatan guna meningkatkan pembangunan

B. Potensi daerah sebagai pendapatan guna meningkatkan kemakmuran rakyat

C. Potensi daerah sebagai pendapatan guna meningkatkan pendapatan asli daerah

D. Potensi daerah sebagai gambaran kekayaan suatu daerah

E. Potensi daerah sebagai gambaran kesejahteraan suatu daerah

 

22.

Pemerintah Indonesia memberikan hak otonomi khusus kepada 4 daerah. Daerah tersebut adalah?

A. Jakarta, Yogyakarta, Aceh dan Bali

B. Jakarta, Yogyakarta, Sumatra Barat dan Bali

C. Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur

D. Jakarta, Yogyakarta, Maluku dan Papua

E. Jakarta, Yogyakarta, Aceh dan Papua

 

23.

Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki keistimewaan dalam bentuknya sebagai daerah pelaksana otonomi. Keistimewaan Yogyakarta tersebut berbentuk?

A. Mempertahankan tradisi sistem pemerintahan Kesultanan

B. Mempertahankan tradisi sistem hukum dan kebiasaan Islam

C. Keistimewaan sebagai daerah yang pernah menjadi Ibu Kota Negara

D. Budaya Jawa yang dominan dalam aspek kehidupan

E. Menempatkan hasil wisata sebagai pendapatan utama

 

24.

Hubungan antara Kepala Daerah dan DPRD dalam menjalankan otonomi daerah adalah bersifat?

A. Saling mengawasi dan mengkontrol guna terwujudnya transparansi

B. Keseimbangan dalam pemerintahan guna terwujudnya pemerintahan yang stabil

C. Kemitraan yang memiliki kedudukan setara guna mewujudkan pemerintahan yang baik

D. Pengawasan dengan kedudukan antar lembaga yang setara guna mewujudkan pemerintahan yang transparan

E. Setara dalam pemerintahan di daerah guna mewujudkan otonomi yang berkelanjutan

 

25.

Dalam menjalankan pemerintahan di daerah, Kepala Daerah atas persetujuan DPRD dapat mengajukan, menyusun dan mengesahkan PERDA. PERDA merupakan wujud dari?

A. Pemberian wewenang dari pemerintah pusat

B. Pembagian kekuasaan dalam sistem negara kesatuan

C. Kebijakan dalam pelaksanaan otonomi daerah

D. Pengaturan kehidupan masyarakat

E. Pelayanan pemerintahan kepada masyarakat

 

26.

Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus merupakan salah satu sumber pendanaan keuangan daerah yang digunakan untuk pembiayaan otonomi daerah. Dana alokasi tersebut merupakan salah satu pendanaan yang berasal dari?

A. Pendapatan Asli Daerah

B. Dana Perimbangan dari pemerintah pusat

C. Pajak Daerah

D. Pendapatan daerah lain yang sah

E. Bantuan Sosial Perusahaan/Perseroaan

 

27.

Kebhinnekaan merupakan suatu keadaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan tidak mungkin untuk dirubah atau ditiadakan. Untuk itulah kebhinnekaan harus dimaknai oleh masyarakat sebagai pemahaman?

A. Perbedaan dengan tetap menjunjung kepentiangan perseorangan

B. Perbedaan dengan mengutamakan kepentingan bersama/umum

C. Perbedaan dengan mengutamakan sebagian kelompok masyarakat

D. Perbedaan dengan mengutamakan golongan suku/agama/ras mayoritas

E. Perbedaan dengan mengutamakan toleransi antar suku/agama/ras dan antar golongan

 

28.

Dalam konteks negara kesatuan di Indonesia, integrasi nasional memiliki makna?

A. Kesadaran untuk bersatu menjadi satu kesatuan bangsa yang telah disepakati bersama

B. Kesadaran untuk bersatu karena adanya beberapa persamaan dalam kehidupan

C. Kesadaran untuk bersatu sebagai bagian suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat

D. Kesadaran untuk bersatu dan bertempat tinggal dalam satu wilayah negara

E. Kesadaran untuk bersatu dan berlindung dalam suatu organisasi negara yang berdaulat

 

29.

Dibawah ini merupakan salah satu faktor pembentuk integrasi nasional adalah?

A. Agama Islam sebagai agama mayoritas yang dipeluk masyarakat

B. Suku Jawa sebagai suku mayoritas yang ada di Indonesia

C. Pemerataan pembangunan diseluruh wilayah Indonesia

D. Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional

E. Penggunaan Bahasa Daerah sebagai wujud identitas budaya

 

30.

Tantangan-tantangan:

Hubungan bilateral/multilateral

Kerusakan lingkungan hidup

Terorisme

Perdagangan dan pasar bebas

Konflik SARA

Tantagan-tantangan diatas yang merupakan tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI ditunjukkan oleh nomor?

A. 1, 2, 5

B. 1, 3, 5

C. 2, 3, 4

D. 2, 3, 5

E. 2, 4, 5

 

31.

Mengapa dalam mewujudkan integrasi nasional memerlukan kesadaran dan peran serta warga negara untuk mencintai bangsa dan bela negara?

A. Integrasi nasional dapat terwujud apabila warga negara mendukungnya

B. Integrasi nasional dapat terwujud apabila warga negara sadar dan mengerti

C. Integrasi nasional dapat terwujud apabila warga negara mengakuinya

D. Integrasi nasional dapat terwujud apabila warga negara menyepakatinya

E. Integrasi nasional dapat terwujud apabila warga negara tunduk kepada pemerintah

 

32.

Hak dan kewajiban membela serta mempertahnkan kemerdekaan dan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman merupakan pengertian dari?

A. Bela Negara

B. Pertahanan Negara

C. Pertahanan Nasional

D. Patriotisme

E. Cinta Tanah Air

 

33.

Usaha pembelaan negara bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan sesuai kemampuan individu. Dibawah ini salah satu wujud bentuk usaha pembelaan negara yang dapat dilakukan siswa di sekolah adalah?

A. Bercita-cita menjadi TNI/POLRI

B. Konsisten mendukung salah satu pasangan calon ketua OSIS

C. Menyimpan Bendera Merah Putih, Teks Pancasila dan UUD 1945

D. Menjaga keindahan dan kebersihan sekolah

E. Belajar dan memahami  materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

 

34.

Indonesia pernah mengalami Agresi Militer Belanda sebanyak dua kali dan beberapa kali pelanggaran batas wilayah yang dilakukan oleh negara-negara tetangga, utamnya Malaysia. Mengapa agresi iliter dan pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh negara lain merupakan salah satu ancaman negara?

A. Mampu membuat perekonomian melemah sehingga berdampak pada industri

B. Mengakibatkan kelaparan, wabah penyakit hingga kematian

C. Mengancam kedaulatan dan kehormatan suatu negara berdaulat

D. Memperburuk stabilita keamanan nasional maupun regional

E. Tidak berperi kemanusia dan berkeadilan dalam kehidupan internasional

 

35.

Globalisasi yang saat ini sedang berkembang diseluruh dunia membawa dampak positif dan negatife dalam perkembangan suatu negara. Dampak negatife globalisasi yang menjadi ancaman utama bagi kebhinnekaan Indonesia adalah?

A. Paham kebarat-baratan yang melunturkan kebiasaan/kebudayaan Indonesia

B. Pasar bebas yang mejadikan keterbukaan ekonomi

C. Teknologi informasi yang bisa dinikmati kapan saja

D. Dunia musik dan mode yang berkembang

E. Kemudahan akses untuk berkunjung ke luar negeri

 

36.

Dibawah merupakan contoh peran serta masyarakat dalam kehidupan seharai-hari guna mengatasi ancaman dalam membangun integarasi nasional adalah ditunjukkan dengan?

A. Menengahi permasalahan antara satu tetangga dengan tetangga yang lain

B. Gotong royong dan mengikuti Siskampling di lingkungan

C. Melayat tetangga yang meninggal setelah pekerjaan selesai

D. Membantu orang-orang/tetangga yang dihormati/disukai

E. Menghakimi/mengeroyok pencuri yang tertangkap warga

 

37.

Ancaman berupa isu-isu kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, dan ketidakadilan yang menjadi dasar timbulnya konflik vertical antara pemerintah pusat dan daerah, dan konflik horizontal yaitu suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) merupakan ancaman berdimensi…

A. ideologi

B. politik

C. ekonomi

D. sosial budaya

E. teknologi

 

38.

Spoinase merupakan kegiatan dari intelejen yang dilakukan untuk…

A. Mendapatkan informasi atau rahasia militer atau negara

B. Pengiriman kelompok bersenjata

C. Memasuki wilayah tanpa izin

D. Merusak instansi penting militer

E. Memperlakukan pemberontakan sebagai seni

 

39.

Ancaman militer yang dilakukan untuk merusak instansi penting militer atau objek vital nasional dan dapat membahayakan keselamatan bangsa disebut…

A. spionase

B. sabotase

C. blokade

D. agresi

E. invasi

 

40.

Ancaman yang berdimensi sosial budaya dapat dicontohkan dengan bentuk…

A. Munculnya sifat kegotongroyongan

B. Peduli bangsa dan negara

C. Adanya sikap toleransi terhadap umat beragama

D. Sikap mencintai produk dalam negeri

E. Munculnya sikap hedonisme

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar