LEMBAR SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2024/2025
PENDIDIKAN PANCASILA
Kerjakan soal uraian berikut ini
dengan benar!
1. |
Berikut
makna yang terkandung dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah A. berbeda-beda adalah ancaman bagi keutuhan negara B. hanya satu kelompok yang boleh ada di dalam negara C. kita harus menolak keberagaman untuk memperkuat
persatuan D. meskipun beragam, kita tetap bersatu dalam satu
identitas nasional E. semua orang harus memiliki kepercayaan dan budaya
yang sama untuk mencapai kesatuan |
2. |
Berikut
bukan pernyataan yang sesuai dengan asal-usul semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”
dalam konteks keberagaman di Indonesia adalah …. A. asal-usulnya dapat ditemukan dalam kitab Sutasoma
karya Mpu Tantular B. semboyan tersebut berasal dari bahasa Sanskerta yang
berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu” C. asal-usul semboyan ini tidak terkait dengan sejarah
keberagaman Indonesia D. kata “Bhinneka” mengacu pada keragaman budaya,
agama, dan suku bangsa di Indonesia E. awalnya semboyan ini digunakan untuk mewakili
semangat persatuan dalam keragaman |
3. |
Bhinneka
Tunggal Ika dianggap sebagai modal sosial pembangunan nasional karena …. A. membentuk negara yang homogen dan seragam B. menjadikan semua masyarakat memiliki budaya yang
sama C. menghapus keberagaman untuk mencapai kesatuan D. hanya berlaku untuk sebagian kecil masyarakat E. mempersatukan berbagai suku bangsa di Indonesia
|
4. |
Perwujudan
ekonomi Pancasila melalui prinsip gotong royong mengandung makna bahwa …. A. setiap individu hanya peduli pada kepentingan
pribadi B. semua orang bekerja sama untuk mencapai
kesejahteraan bersama C. kekayaan harus hanya dimiliki oleh sekelompok orang D. semua orang hanya fokus pada keuntungan pribadi
tanpa memikirkan yang lain E. setiap individu bekerja sendiri tanpa bantuan dari
orang lain |
5. |
Prinsip
gotong royong dalam membangun harmoni dalam keberagaman mengandung pesan
bahwa …. A. Semua orang harus bekerja sama tanpa memandang
perbedaan B. kita harus menolak keberagaman untuk mencapai
kesatuan C. hanya satu budaya yang boleh ada di dalam negara D. setiap individu harus menjaga keberagaman dengan
cara mereka sendiri E. kita harus menghindari interaksi dengan orang-orang
yang berbeda budaya |
6. |
Prinsip
gotong royong dapat memperkuat hubungan antarindividu dalam masyarakat dapat
dilakukan dengan cara …. A. memperkeruh konflik internal B. meningkatkan persaingan yang sehat C. mengedepankan kepentingan pribadi D. memperlembut perbedaan pendapat E. saling membantu dan bekerja sama
|
7. |
Dalam
sistem ekonomi Pancasila, yang menjadi pelaku perekonomian untuk mewujudkan
kemakmuran dan kesejahteraan adalah .… A. BUMN B. koperasi C. perorangan D. swasta E. perusahaan asing
|
8. |
Kemauan
bekerja sama dan memperbaiki keadaan ekonomi bersama merupakan jiwa dari
gotong royong. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta juga harus berjiwa
kooperasi atau gotong royong. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal …. A. 27 ayat (1) B. 28 ayat (1) C. 30 ayat (1) D. 31 ayat (1) E. 33 ayat (1)
|
9. |
Bumi dan
air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan
dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Pernyataan yang tepat
adalah …. A. agar terhindar dari masalah lingkungan hidup B. karena sejarah mencatat sebelum kemerdekaan dikuasai
oleh bangsa lain C. karena untuk dipergunakan sebesar-besarnya bagi
kemakmuran rakyat D. karena belum ada badan usaha atau perorangan yang
mampu menguasainya E. karena negara ingin menguasainya daripada jatuh ke
tangan swasta |
10. |
Setiap
kata Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa .... A. Sansekerta B. Sunda C. Jawa D. Makassar E. Banjar |
11. |
Semboyan
Bhinneka Tunggal Ika terdapat pada lambang negara Garuda Pancasila yang
diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 .... A. Pasal 32 B. Pasal 35 C. Pasal 35A D. Pasal 36 E. Pasal 36A
|
12. |
Gotong
royong merupakan identitas budaya bangsa Indonesia yang kaya akan nilai-nilai
luhur. Gotong royong dapat merekatkan dan menguatkan …. A. solidaritas sosial B. kesenjangan sosial C. sikap egoisme D. sikap individualisme E. sukuisme
|
13. |
Gotong
royong menjadi penting karena mampu …. A. menambah beban orang lain B. mengurangi kesalahpahaman C. mendorong terjadinya konflik dalam masyarakat yang
majemuk D. meningkatkan permasalahan antarwarga E. mengurangi pengangguran di masyarakat
|
14. |
Semangat
gotong royong terus ditanamkan dan dipraktikkan oleh para tokoh bangsa lintas
agama dan etnis selama revolusi kemerdekaan di Yogyakarta. Berikut yang
termasuk tokoh bangsa yang berlatar belakang suku Sunda adalah …. A. Ali Sadikin B. Agoes Salim C. Mohammad Hatta D. Mohammad Yamin E. Muhammad Natsir
|
15. |
Tujuan
yang ingin dicapai dari sistem ekonomi Pancasila adalah .… A. kebijakan yang merakyat B. tenteram dan damai C. menyejahterakan dan memakmurkan masyarakat D. kelonggaran untuk melakukan kegiatan impor E. mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya
|
16. |
Salah satu
kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara bersama-sama di lingkungan
masyarakat sekitar disebut ….. A. tanggap bencana B. musyawarah C. panen raya D. kerja bakti E. sambatan
|
17. |
Sebuah
kondisi di mana seseorang dapat memenuhi kebutuhan pokok, baik kebutuhan akan
makanan, pakaian, tempat tinggal, air minum yang bersih, maupun kesempatan
untuk melanjutkan pendidikan dan mempunyai pekerjaan yang memadai disebut …. A. keadilan B. kesejahteraan C. kemakmuran D. berdikari E. revitalisasi
|
18. |
Untuk
menjadi bangsa yang besar salah satu semangat Trisakti, yaitu kemandirian di
bidang ekonomi justru haruslah menjadi target utama …. A. keadilan sosial B. perdamaian dunia C. pembangunan nasional D. kesejahteraan masyarakat E. kemakmuran masyarakat
|
19. |
Pembangunan
ekonomi yang tidak hanya sebatas mengejar prestasi atau penilaian secara
material, tetapi juga berorientasi pada keadilan dan kemajuan peradaban
manusia Indo- nesia. Hal tersebut sesuai dengan sila …. A. pertama B. kedua C. ketiga D. keempat E. kelima
|
20. |
Memperjuangkan
politik anggaran yang berpihak pada kesejahteraan umum berdasarkan pada
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu …. A. Pasal 23 B. Pasal 27 C. Pasal 30 D. Pasal 31 E. Pasal 33
|
21. |
Berikut
makna dari Bhinneka Tunggal Ika adalah …. A. homogenitas sosial B. kebenaran tunggal C. kesatuan tanpa perbedaan D. keanekaragaman yang terpisah E. persatuan dalam perbedaan
|
22. |
Gotong
royong merupakan perilaku sosial dan tata nilai kehidupan sosial yang ada
sejak lama dalam kehidupan di desa-desa Indonesia. Hal tersebut merupakan
pendapat …. A. Bintarto B. Soekanto C. Ki Hajar Dewantara D. Sukarno E. Moh. Hatta
|
23. |
Negara
gotong royong diasalkan pada “kodrat” manusia/masyarakat Indonesia yang
selalu hidup dalam suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan. Pernyataan
tersebut disampaikan oleh …. A. Soepomo B. Moh. Hatta C. Muh. Yamin D. Sukarno E. Koentjaraningrat
|
24. |
Konsep
gotong royong mengandung makna bekerja sama secara nyata, sudah semestinya
kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Gotong royong tidak hanya
sebatas pada kegiatan bersama yang bersifat fisik, tetapi dapat berupa kerja
bersama nonfisik, contohnya …. A. membantu hajatan tetangga B. mengatasi masalah lingkungan hidup C. menyantuni orang miskin dan anak-anak yatim D. membersihkan kelas E. mencari solusi bersama atas sebuah persoalan
|
25. |
Pada
sistem ekonomi Pancasila, prinsip sila keempat ditekankan pada …. A. ekonomi Pancasila meniscayakan nilai-nilai kebaikan
dan kedermawanan B. mekanisme kerja perekonomian mendahulukan
kepentingan rakyat di atas kepentingan individu C. pembangunan ekonomi berorientasi pada keadilan dan
kemajuan peradaban manusia indonesia D. regulasi yang dihasilkan harus mampu meningkatkan
ketangguhan ekonomi nasional E. memberikan pemerataan pembangunan dan mendorong
terciptanya emansipasi sosial |
26. |
Bhinneka
Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia di tengah perbedaan dalam
kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun masyarakat. Semangat Bhinneka
Tunggal Ika di lingkungan sekolah dapat diterapkan melalui tindakan .... A. berteman dengan membeda-bedakan suku, agama, dan ras B. melakukan perbuatan yang merendahkan teman C. menghormati tradisi dari teman yang berbeda suku D. bekerja sama saat mengerjakan penilaian E. memilih kelompok belajar berdasarkan jenis kelami
|
27. |
Bhinneka
Tunggal Ika sudah dicontohkan oleh nenek moyang bangsa Indonesia sejak zaman
dahulu. Memaknai Bhinneka Tunggal Ika di tengah kenyataan tentang keberagaman
harus disikapi dengan kemauan untuk …. A. saling membenci satu sama lain B. saling waspada dan mencurigai C. mau menerima kelompok lain jika menguntungkan D. bergotong royong, saling menghormati, dan menghargai E. memahami perbedaan dalam kondisi tertentu |
28. |
Prinsip
gotong royong dalam sistem ekonomi Pancasila, perekonomian diletakkan dalam
kerangka keadilan dan kesejahteraan sosial. Pelaku perekonomian dalam sistem
ekonomi Pancasila untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan antara lain
…. A. individu B. masyarakat C. partai politik D. perusahaan asing E. koperasi
|
29. |
Dengan
berlandaskan nilai-nilai Pancasila, negara hendak mewujudkan suatu keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kebijakan perekonomian negara harus
berlandaskan moral ketuhanan dan kemanusiaan. Oleh karena itu, diharapkan …. A. tidak merugikan lingkungan B. bertentangan dengan kebenaran dan keadilan C. menimbulkan persaingan bebas D. memberikan keuntungan bagi pejabat pemerintah E. terbuka pada perusahaan asing
|
30. |
Koentjaraningrat
membagi dua jenis gotong royong yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, yaitu
gotong royong tolong-menolong dan gotong royong kerja bakti. Contoh gotong
royong yang bersifat individual adalah …. A. melakukan kegiatan bersih-bersih desa yang mengajak
seluruh warga desa B. memperbaiki jalan yang rusak akibat hujan yang turun
terus-menerus C. membuat tanggul untuk mencegah terjadinya banjir D. menolong tetangga yang sedang mengadakan pesta
pernikahan E. membangun pos ronda untuk meningkatkan keamanan
masyarakat desa |
31. |
Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut 1) Memey memiliki rambut lurus dan
berkulit putih. 2) Erna terkenal menjadiseorang
manager di kantornya 3) Gading memiliki mata biru karena
ayahnyaberasaldari prancis. 4) Ridwan mendirikan sekolah tanidan
menjadipetani ulung. 5) lma menjadi dokter gigi yang sangat
peduli terhadap kesehatan. Pemyataan yang menunjukkan proses
terbentuknya identitas yang dipahami sebagai hasil dari sebuah desain alau
rekayasa ditunjukkan oleh angka ... . A. 1), 2), dan 3) B. 1), 3), dan 4) C. 2), 3), dan 4) D. 2), 4), dan 5) E. 3), 4), dan 5)
|
32. |
Keragaman
bagaikan dua sisi mata uang. Pernyataan ungkapan tersebut ditunjukkan pada
pilihan ... . A. keragaman merupakan ciri negara besar B. keragaman harus ditiadakan agar terjadi persamaan C. keragaman seharusnya tidak terjadi jika tidak ada
penjaiahan D. keragaman berpotensi menimbulkan konflik dan
permasalahan E. keragaman meiupakan kekaya'an yang dapat menjadi
kekuatan |
33. |
Di
daerahmu bersendawa sehabis makan.merupakan hal yang harus dihindari karena
tidak solpan. Di daerah lain bersendawa merupakan bukti penghormatan terhadap
hidangan yang disuguhkan. Oleh karena itu, setiap warga negara lndonesia
hendaknya menunjukkan sikap ... . A. menonjolkan adat daerahnya B. menghargai kebiasaan antardaerah C. merendahkan adat kebiasaan daerah lain D. mempermasalahkan perbedaan adat kebiasaan E. mengajak bersaing dengan keunggulan masing-masing |
34. |
Perhalkan
ciri-ciri berikut! 1) Merendahkan kelompok manusia. 2) Perbedaan warna kulit menjadifaktor
penyebabnya. 3) Menimbulkan diskriminasi sosial 4) Mengakibatkan kerusuhan dan kekerasan. Ciri-ciri tersebut menunjukkan
tindakan yang dapat menyebabkan terjadinya konflik, yaitu ... . A. rasisme B. hedonisme C. etnosentrisme D. primordialisme E. chauvinisme |
35. |
Selain
keragaman identitas individu dan kelompok, Indonesia memiliki keragaman
budaya dan berbagai tradisi. Dampak dari keragaman masyarakat Indonesia yang
harus diwaspadai adalah ... . A. tercapainya integrasi nasional ber-Bhinneka Tunggal
Ika B. memperkaya khazanah budaya bangsa C. dikagumi oleh negara lain D. memperkaya budaya bangsa E. munculnya primordialisme
|
36. |
Keragaman
sama dengan perbedaan. Perbedaan yang tidak disikapi dengan baik akan memicu
tumbuhnya konflik. Konflik bisa terjadi apabila setiap masyarakat tidak bisa
menghormati masyarakat lain. Oleh karena itu, perlu adanya sikap menghormati
antarmasyarakat supaya keutuhan nasional tetap terjaga. Nilai yang terkandung
dalam paparan di atas adalah ... . A. . Indonesia memiliki masyarakat yang majemuk B. kemajemukan masyarakat bisa menimbul konflik C. sikap saling menghormati akan menjaga keutuhan
nasional D. keberadaan masyarakat dapat menciptakan keutuhan
nasional E. pemerintah mempunyai kewajiban menjaga keutuhan
nasional |
37. |
Perhatikan
contoh-contoh berikut! 1) Menunjukkan sikap ramah kepada
tetangga. 2) Melaksanakan kegiatan gotong royong
bersama warga tanpa membedakan suku bangsa. 3) Melaksanakan tugas piket kelas. 4) Mengikuti upacara bendera setiap
hari Senin. Contoh perilaku yang dapat menciptakan
persatuan dalam masyarakat terdapat pada angka ... . A. 1) dan 2) B. 1) dan 3) C. 1) dan 4) D. 2) dan 3) E. 3) dan 4)
|
38. |
Perhatikan
informasi berikut ini! Diakui maupun tidak, makanan Korea
menjadi primadona, lebih-lebih dalam beberapa tahun terakhir ini. Salah
satunya karena ada peningkatan tren K-Pop dan K-Drama, terutama di kalangan
anak muda Indonesia. Selain itu, dari segi rasa, makanan Korea juga cocok
dengan sebagian besar lidah masyarakat Indonesia. Hal inilah yang bikin
makanan Korea makin digemari. Uniknya, kehadiran makanan Korea ini bukan saja
menambah daftar kuliner masyarakat Indonesia, tetapi juga meningkatkan minat
mereka untuk mempelajari budaya dan kultur Korea secara lebih dalam. Perilaku yang dapat dilakukan oleh
seorang pelajar untuk mempertahankan keberagaman budaya Indonesia adalah ...
. A. meniru budaya asing
B. menyaring budaya asing C. menguasai budaya asing D. mempromosikan budaya asing E. memperdalam budaya asing |
39. |
Remaja
Indonesia telah terbius oleh budaya luar. Ketika remaja tersebut diberi
pertanyaan terkait makanan khas, bahasa daerah, dan lagu daerah di Indonesia
hanya sedikt sekali yang mengenalnya. Kenyataan ini jika dibiarkan
terus-menerus akan menjadi indikator lunturnya sikap ... . A. patriotisme B. hedonisme C. nasionalisme D. chauvinisme E. primordialisme
|
40. |
Kurangnya
komunikasi tentang kebudayaan bangsa Indonesia adalah sebuah hambatan yang
harus diselesaikan. Salah satu cara menyelesaikan hambatan tersebut adalah
.... A. memberikan pengetahuan tentang budaya asing B. mempromosikan budaya lokal dan nasional C. memilih budaya asing yang lebih praktis D. meninggalkan budaya lokal yang kuno E. memilih budaya sesuai perkembangan zaman
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar