SUGESTI

Drs. RANU WIDODO : "BERBAGI ITU INDAH,DI SINI BISA ANDA TEMUKAN MATERI PKn KLAS X, XI dan XII, DOWLOAD MIDI UNTUK KARAOKE DAN SEBAGAINYA. SELAMAT BERGABUNG DENGAN KAMI. BERBAGI ITU INDAH"

SOAL UTS 2025 KELAS X (Remidi)

 

LEMBAR SOAL

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) SEMESTER 2

TAHUN PELAJARAN 2024/2025

PENDIDIKAN PANCASILA

 

Kerjakan soal uraian berikut ini dengan benar!

1.

Berikut makna yang terkandung dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah

A. berbeda-beda adalah ancaman bagi keutuhan negara

B. hanya satu kelompok yang boleh ada di dalam negara

C. kita harus menolak keberagaman untuk memperkuat persatuan

D. meskipun beragam, kita tetap bersatu dalam satu identitas nasional

E. semua orang harus memiliki kepercayaan dan budaya yang sama untuk mencapai kesatuan

 

2.

Berikut bukan pernyataan yang sesuai dengan asal-usul semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” dalam konteks keberagaman di Indonesia adalah ….

A. asal-usulnya dapat ditemukan dalam kitab Sutasoma karya Mpu Tantular

B. semboyan tersebut berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu”

C. asal-usul semboyan ini tidak terkait dengan sejarah keberagaman Indonesia

D. kata “Bhinneka” mengacu pada keragaman budaya, agama, dan suku bangsa di Indonesia

E. awalnya semboyan ini digunakan untuk mewakili semangat persatuan dalam keragaman

 

3.

Bhinneka Tunggal Ika dianggap sebagai modal sosial pembangunan nasional karena ….

 

A. membentuk negara yang homogen dan seragam

B. menjadikan semua masyarakat memiliki budaya yang sama

C. menghapus keberagaman untuk mencapai kesatuan

D. hanya berlaku untuk sebagian kecil masyarakat

E. mempersatukan berbagai suku bangsa di Indonesia

 

4.

Perwujudan ekonomi Pancasila melalui prinsip gotong royong mengandung makna bahwa ….

A. setiap individu hanya peduli pada kepentingan pribadi

B. semua orang bekerja sama untuk mencapai kesejahteraan bersama

C. kekayaan harus hanya dimiliki oleh sekelompok orang

D. semua orang hanya fokus pada keuntungan pribadi tanpa memikirkan yang lain

E. setiap individu bekerja sendiri tanpa bantuan dari orang lain

 

5.

Prinsip gotong royong dalam membangun harmoni dalam keberagaman mengandung pesan bahwa ….

A. Semua orang harus bekerja sama tanpa memandang perbedaan

B. kita harus menolak keberagaman untuk mencapai kesatuan

C. hanya satu budaya yang boleh ada di dalam negara

D. setiap individu harus menjaga keberagaman dengan cara mereka sendiri

E. kita harus menghindari interaksi dengan orang-orang yang berbeda budaya

 

6.

Prinsip gotong royong dapat memperkuat hubungan antarindividu dalam masyarakat dapat dilakukan dengan cara ….

A. memperkeruh konflik internal

B. meningkatkan persaingan yang sehat

C. mengedepankan kepentingan pribadi

D. memperlembut perbedaan pendapat

E. saling membantu dan bekerja sama

 

7.

Dalam sistem ekonomi Pancasila, yang menjadi pelaku perekonomian untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan adalah .…

A. BUMN

B. koperasi

C. perorangan

D. swasta

E. perusahaan asing

 

8.

Kemauan bekerja sama dan memperbaiki keadaan ekonomi bersama merupakan jiwa dari gotong royong. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta juga harus berjiwa kooperasi atau gotong royong. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal ….

A. 27 ayat (1)

B. 28 ayat (1)

C. 30 ayat (1)

D. 31 ayat (1)

E. 33 ayat (1)

 

9.

Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Pernyataan yang tepat adalah ….

A. agar terhindar dari masalah lingkungan hidup

B. karena sejarah mencatat sebelum kemerdekaan dikuasai oleh bangsa lain

C. karena untuk dipergunakan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat

D. karena belum ada badan usaha atau perorangan yang mampu menguasainya

E. karena negara ingin menguasainya daripada jatuh ke tangan swasta

 

10.

Setiap kata Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa ....

A. Sansekerta

B. Sunda

C. Jawa

D. Makassar

E. Banjar

 

11.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika terdapat pada lambang negara Garuda Pancasila yang diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ....

A. Pasal 32

B. Pasal 35

 

C. Pasal 35A

D. Pasal 36

E. Pasal 36A

 

12.

Gotong royong merupakan identitas budaya bangsa Indonesia yang kaya akan nilai-nilai luhur. Gotong royong dapat merekatkan dan menguatkan ….

A. solidaritas sosial

B. kesenjangan sosial

C. sikap egoisme

D. sikap individualisme

E. sukuisme

 

13.

Gotong royong menjadi penting karena mampu ….

A. menambah beban orang lain

B. mengurangi kesalahpahaman

C. mendorong terjadinya konflik dalam masyarakat yang majemuk

D. meningkatkan permasalahan antarwarga

E. mengurangi pengangguran di masyarakat

 

14.

Semangat gotong royong terus ditanamkan dan dipraktikkan oleh para tokoh bangsa lintas agama dan etnis selama revolusi kemerdekaan di Yogyakarta. Berikut yang termasuk tokoh bangsa yang berlatar belakang suku Sunda adalah ….

A. Ali Sadikin

 

B. Agoes Salim

 

C. Mohammad Hatta

 

D. Mohammad Yamin

 

E. Muhammad Natsir

 

15.

Tujuan yang ingin dicapai dari sistem ekonomi Pancasila adalah .…

A. kebijakan yang merakyat

B. tenteram dan damai

C. menyejahterakan dan memakmurkan masyarakat

D. kelonggaran untuk melakukan kegiatan impor

 

E. mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya

 

16.

Salah satu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara bersama-sama di lingkungan masyarakat sekitar disebut …..

A. tanggap bencana

B. musyawarah

C. panen raya

D. kerja bakti

E. sambatan

 

17.

Sebuah kondisi di mana seseorang dapat memenuhi kebutuhan pokok, baik kebutuhan akan makanan, pakaian, tempat tinggal, air minum yang bersih, maupun kesempatan untuk melanjutkan pendidikan dan mempunyai pekerjaan yang memadai disebut ….

A. keadilan

B. kesejahteraan

C. kemakmuran

D. berdikari

E. revitalisasi

 

18.

Untuk menjadi bangsa yang besar salah satu semangat Trisakti, yaitu kemandirian di bidang ekonomi justru haruslah menjadi target utama ….

A. keadilan sosial

B. perdamaian dunia

C. pembangunan nasional

D. kesejahteraan masyarakat

E. kemakmuran masyarakat

 

19.

Pembangunan ekonomi yang tidak hanya sebatas mengejar prestasi atau penilaian secara material, tetapi juga berorientasi pada keadilan dan kemajuan peradaban manusia Indo- nesia. Hal tersebut sesuai dengan sila ….

A. pertama

B. kedua

C. ketiga

D. keempat

E. kelima

 

20.

Memperjuangkan politik anggaran yang berpihak pada kesejahteraan umum berdasarkan pada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu ….

A. Pasal 23

B. Pasal 27

C. Pasal 30

D. Pasal 31

E. Pasal 33

 

21.

Berikut makna dari Bhinneka Tunggal Ika adalah ….

A. homogenitas sosial

B. kebenaran tunggal

C. kesatuan tanpa perbedaan

D. keanekaragaman yang terpisah

E. persatuan dalam perbedaan

 

22.

Gotong royong merupakan perilaku sosial dan tata nilai kehidupan sosial yang ada sejak lama dalam kehidupan di desa-desa Indonesia. Hal tersebut merupakan pendapat ….

A. Bintarto

B. Soekanto

C. Ki Hajar Dewantara

D. Sukarno

E. Moh. Hatta

 

23.

Negara gotong royong diasalkan pada “kodrat” manusia/masyarakat Indonesia yang selalu hidup dalam suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan. Pernyataan tersebut disampaikan oleh ….

A. Soepomo

B. Moh. Hatta

C. Muh. Yamin

D. Sukarno

E. Koentjaraningrat

 

24.

Konsep gotong royong mengandung makna bekerja sama secara nyata, sudah semestinya kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Gotong royong tidak hanya sebatas pada kegiatan bersama yang bersifat fisik, tetapi dapat berupa kerja bersama nonfisik, contohnya ….

A. membantu hajatan tetangga

B. mengatasi masalah lingkungan hidup

C. menyantuni orang miskin dan anak-anak yatim

D. membersihkan kelas

E. mencari solusi bersama atas sebuah persoalan

 

25.

Pada sistem ekonomi Pancasila, prinsip sila keempat ditekankan pada ….

A. ekonomi Pancasila meniscayakan nilai-nilai kebaikan dan kedermawanan

B. mekanisme kerja perekonomian mendahulukan kepentingan rakyat di atas kepentingan individu

C. pembangunan ekonomi berorientasi pada keadilan dan kemajuan peradaban manusia indonesia

D. regulasi yang dihasilkan harus mampu meningkatkan ketangguhan ekonomi nasional

E. memberikan pemerataan pembangunan dan mendorong terciptanya emansipasi sosial

 

26.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia di tengah perbedaan dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun masyarakat. Semangat Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan sekolah dapat diterapkan melalui tindakan ....

A. berteman dengan membeda-bedakan suku, agama, dan ras

B. melakukan perbuatan yang merendahkan teman

C. menghormati tradisi dari teman yang berbeda suku

D. bekerja sama saat mengerjakan penilaian

E. memilih kelompok belajar berdasarkan jenis kelami

27.

Bhinneka Tunggal Ika sudah dicontohkan oleh nenek moyang bangsa Indonesia sejak zaman dahulu. Memaknai Bhinneka Tunggal Ika di tengah kenyataan tentang keberagaman harus disikapi dengan kemauan untuk ….

A. saling membenci satu sama lain

 

B. saling waspada dan mencurigai

 

C. mau menerima kelompok lain jika menguntungkan

 

D. bergotong royong, saling menghormati, dan menghargai

 

E. memahami perbedaan dalam kondisi tertentu

 

28.

Prinsip gotong royong dalam sistem ekonomi Pancasila, perekonomian diletakkan dalam kerangka keadilan dan kesejahteraan sosial. Pelaku perekonomian dalam sistem ekonomi Pancasila untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan antara lain ….

A. individu

B. masyarakat

C. partai politik

D. perusahaan asing

E. koperasi

 

29.

Dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila, negara hendak mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kebijakan perekonomian negara harus berlandaskan moral ketuhanan dan kemanusiaan. Oleh karena itu, diharapkan ….

A. tidak merugikan lingkungan

B. bertentangan dengan kebenaran dan keadilan

C. menimbulkan persaingan bebas

D. memberikan keuntungan bagi pejabat pemerintah

E. terbuka pada perusahaan asing

 

30.

Koentjaraningrat membagi dua jenis gotong royong yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, yaitu gotong royong tolong-menolong dan gotong royong kerja bakti. Contoh gotong royong yang bersifat individual adalah ….

A. melakukan kegiatan bersih-bersih desa yang mengajak seluruh warga desa

B. memperbaiki jalan yang rusak akibat hujan yang turun terus-menerus

C. membuat tanggul untuk mencegah terjadinya banjir

D. menolong tetangga yang sedang mengadakan pesta pernikahan

E. membangun pos ronda untuk meningkatkan keamanan masyarakat desa

 

31.

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut

1) Memey memiliki rambut lurus dan berkulit putih.

2) Erna terkenal menjadiseorang manager di kantornya

3) Gading memiliki mata biru karena ayahnyaberasaldari prancis.

4) Ridwan mendirikan sekolah tanidan menjadipetani ulung.

5) lma menjadi dokter gigi yang sangat peduli terhadap  kesehatan.

Pemyataan yang menunjukkan proses terbentuknya identitas yang dipahami sebagai hasil dari sebuah desain alau rekayasa ditunjukkan oleh angka ... .

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 4)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)

 

32.

Keragaman bagaikan dua sisi mata uang. Pernyataan ungkapan tersebut ditunjukkan pada pilihan ... . 

A. keragaman merupakan ciri negara besar

B. keragaman harus ditiadakan agar terjadi persamaan

C. keragaman seharusnya tidak terjadi jika tidak ada penjaiahan

D. keragaman berpotensi menimbulkan konflik dan permasalahan

E. keragaman meiupakan kekaya'an yang dapat menjadi kekuatan

 

33.

Di daerahmu bersendawa sehabis makan.merupakan hal yang harus dihindari karena tidak solpan. Di daerah lain bersendawa merupakan bukti penghormatan terhadap hidangan yang disuguhkan. Oleh karena itu, setiap warga negara lndonesia hendaknya menunjukkan sikap ... . 

A. menonjolkan adat daerahnya

B. menghargai kebiasaan antardaerah

C. merendahkan adat kebiasaan daerah lain

D. mempermasalahkan perbedaan adat kebiasaan

E. mengajak bersaing dengan keunggulan masing-masing

 

34.

Perhalkan ciri-ciri berikut!

1) Merendahkan kelompok manusia.

2) Perbedaan warna kulit menjadifaktor penyebabnya.

3) Menimbulkan diskriminasi sosial

 4) Mengakibatkan kerusuhan dan kekerasan.

Ciri-ciri tersebut menunjukkan tindakan yang dapat menyebabkan terjadinya konflik, yaitu ... . 

A. rasisme

B. hedonisme

C. etnosentrisme

D. primordialisme

E. chauvinisme

 

35.

Selain keragaman identitas individu dan kelompok, Indonesia memiliki keragaman budaya dan berbagai tradisi. Dampak dari keragaman masyarakat Indonesia yang harus diwaspadai adalah ... .

A. tercapainya integrasi nasional ber-Bhinneka Tunggal Ika

B. memperkaya khazanah budaya bangsa

C. dikagumi oleh negara lain

D. memperkaya budaya bangsa

E. munculnya primordialisme

 

36.

Keragaman sama dengan perbedaan. Perbedaan yang tidak disikapi dengan baik akan memicu tumbuhnya konflik. Konflik bisa terjadi apabila setiap masyarakat tidak bisa menghormati masyarakat lain. Oleh karena itu, perlu adanya sikap menghormati antarmasyarakat supaya keutuhan nasional tetap terjaga. Nilai yang terkandung dalam paparan di atas adalah ... .

A. . Indonesia memiliki masyarakat yang majemuk

B. kemajemukan masyarakat bisa menimbul konflik

 

C. sikap saling menghormati akan menjaga keutuhan nasional

 

D. keberadaan masyarakat dapat menciptakan keutuhan nasional

E. pemerintah mempunyai kewajiban menjaga keutuhan nasional

 

37.

Perhatikan contoh-contoh berikut!

1) Menunjukkan sikap ramah kepada tetangga.

2) Melaksanakan kegiatan gotong royong bersama warga tanpa membedakan suku bangsa.

3) Melaksanakan tugas piket kelas.

4) Mengikuti upacara bendera setiap hari Senin.

Contoh perilaku yang dapat menciptakan persatuan dalam masyarakat terdapat pada angka ... .

A. 1) dan 2)  

B. 1) dan 3)  

C. 1) dan 4)

D. 2) dan 3)

E. 3) dan 4)

 

38.

Perhatikan informasi berikut ini!

Diakui maupun tidak, makanan Korea menjadi primadona, lebih-lebih dalam beberapa tahun terakhir ini. Salah satunya karena ada peningkatan tren K-Pop dan K-Drama, terutama di kalangan anak muda Indonesia. Selain itu, dari segi rasa, makanan Korea juga cocok dengan sebagian besar lidah masyarakat Indonesia. Hal inilah yang bikin makanan Korea makin digemari. Uniknya, kehadiran makanan Korea ini bukan saja menambah daftar kuliner masyarakat Indonesia, tetapi juga meningkatkan minat mereka untuk mempelajari budaya dan kultur Korea secara lebih dalam.

Perilaku yang dapat dilakukan oleh seorang pelajar untuk mempertahankan keberagaman budaya Indonesia adalah ... .

A. meniru budaya asing  

B. menyaring budaya asing

C. menguasai budaya asing

D. mempromosikan budaya asing

E. memperdalam budaya asing

 

39.

Remaja Indonesia telah terbius oleh budaya luar. Ketika remaja tersebut diberi pertanyaan terkait makanan khas, bahasa daerah, dan lagu daerah di Indonesia hanya sedikt sekali yang mengenalnya. Kenyataan ini jika dibiarkan terus-menerus akan menjadi indikator lunturnya sikap ... . 

A. patriotisme

B. hedonisme

C. nasionalisme

D. chauvinisme

E. primordialisme

 

40.

Kurangnya komunikasi tentang kebudayaan bangsa Indonesia adalah sebuah hambatan yang harus diselesaikan. Salah satu cara menyelesaikan hambatan tersebut adalah ....

A. memberikan pengetahuan tentang budaya asing

B. mempromosikan budaya lokal dan nasional

C. memilih budaya asing yang lebih praktis

D. meninggalkan budaya lokal yang kuno

E. memilih budaya sesuai perkembangan zaman

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar